Selasa, 21 Oktober 2008

PELUANG INVESTASI DI KABUPATEN MUKOMUKO

PELUANG INVESTASI DI KABUPATEN MUKOMUKO

Oleh : Ir . Edi Nevian

Gambaran investasi swasta di kabupaten Mukomuko terlihat dari jumlah penanaman modal baik penanaman modal dalam negeri maupun penanaman modal asing. Penanaman modal di kabupaten Mukomuko terfokus pada perkebunan terutama komoditi sawit, dan karet. Perkebunan besar swasta yang ada di Mukomuko ada 6 perusahaan yaitu: (1) PT. Agromuko memiliki areal tanam yang paling luas yakni 16.136 ha tanaman Sawit dan 1.826 ha tanaman Karet, (2) PT. Alno Agro Utama memiliki lahan seluas 5.877 ha tanaman Sawit, (3) PT. Daria Dharama Pratama memiliki lahan seluas 5.845 ha tanaman sawit, (4) PT. Vanda Muko seluas 100 ha tanaman Sawit. (5) PT. Asri Rimba seluas 900 ha tanaman sawit, dan (6) PT. Pati seluas 800 ha tanaman sawit. Sedangkan luas perkebunan rakyat: (1) Sawit seluas 37.858 ha. (2) Karet seluas 14.196 ha. (3) Kopi seluas 1.666 ha. (4) Kelapa seluas 1.954 ha.

Selain sektor perkebunan besar swasta, di kabupaten Mukomuko juga terdapat investasi sektor industri hilir perkebunan berupa pabrik CPO (crude palm oil) dan Crumb Rubber yaitu: (1) PO. Mild PT Agromuko, kapasitas 55 ton/jam. (2) PO. CRF PT Agromuko, kapasitas 1000 kg/jam, (3) PO. Mild PT Agromuko kapasitas 30 ton/jam, (4) Daria Dharma Pratama, kapasitas 30 ton/jam, (5) Mitra Puding Mas, kapasitas 45 ton/ha, (6) Sapta Sentosa Jaya Abadi, kapasitas 30 ton/jam dan (7) PT. BMK, kapasitas 45 ton/ha

Selain investasi industri hilir perkebunan besar, kabupaten Mukomuko juga mempunyai beberapa industri kecil rakyat seperti pengolahan kayu, pengolahan makanan, logam, pengolahan tanah, dan cetak. Industri kecil di Mukomuko dapat dikelompokan menjadi dua yakni kelompok IKAHH sebanyak 125 unit dengan nilai investasi sebesar Rp. 6.261.520.000 dan ILMEA sebanyak 170 unit dengan nilai investasi sebesar Rp. 5.175.200.000..

Pertumbuhan ekonomi dapat didorong terutama dengan meningkatkan investasi daerah melalui berbagai langkah kebijakan. Peningkatan investasi dilakukan dengan mengurangi hambatan-hambatan yang ada dengan menyederhanakan prosedur perizinan, meningkatkan kepastian hukum terhadap usaha, menyehatkan iklim ketenagakerjaan dan iklim usaha, meningkatkan penyediaan infrastruktur, menyederhanakan prosedur perpajakan, serta meningkatkan fungsi intermediasi perbankan dalam menyalurkan kredit kepada sektor usaha.

Beberapa potensi investasi yang prospek dikembangkan di Kabupaten Mukomuko antara lain:

1. Pendirian Pabrik CPO (Crude palm Oil) dan Pengolahan Minyak Sawit

Kabupaten Mukomuko memiliki perkebunan kelapa sawit rakyat seluas 37.858 ha. Luasan yang ada tersebut akan selalu bertambah. Jumlah pabrik CPO yang ada sekarang masih dirasa sangat kurang, hal ini terlihat dari masih banyaknya hasil panen perkebunan kelapa sawit rakyat yang belum tertampung pada pabrik CPO yang ada, sehingga sering dibawa keluar daerah Kabupaten Mukomuko. Berkaitan dengan hal tersebut, maka prospek pendirian pabrik CPO yang baru dan pabrik pengolahan lanjutannya sangat berpotensi untuk ditambah jumlahnya dan dikembangkan di Kabupaten Mukomuko.

2. Pabrik Pengolahan Crumb Rubber (Karet)

Pengolahan karet yang ada saat ini hanya sampai tahap pengolahan karet mentah (lateks) menjadi Crumb Rubber, itupun hanya satu pabrik milik PT. Agromuko. Sedangkan luas areal perkebunan karet rakyat sudah mencapai 14.197 ha, dan akan terus bertambah dengan semakin membaiknya harga karet mentah. Oleh karena itu, pendirian pabrik pengolahan karet mentah maupun hingga menjadi barang jadi sangat potensial untuk dilakukan di Kabupaten Mukomuko.

3. Pendirian Pabrik Pakan Ternak

Areal penanaman jagung di Kabupaten Mukomuko lebih kurang seluas 3.196 ha, sedangkan potensi lahan lebih kurang 7500 ha dengan jumlah produksi 13.192,48 ton. Saat ini hasil panen jagung dibawa keluar Kabupaten Mukomuko, diantaranya ke Propinsi Sumatera Barat. Kenyataan ini tentunya sangat tidak menguntungkan daerah, mengingat hasil panen jagung tersebut tidak mempunyai nilai tambah. Dengan berbagai strategi, diantaranya dengan pola kemitraan, pendirian pabrik pakan ternak sangat potensial untuk didirikan, hal ini ditujukan dalam usaha memberikan nilai tambah dan peningkatan nilai jual, yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan petani jagung, dan sekaligus dapat mensuplai kebutuhan pakan ternak lokal dan daerah lain.

4. Potensi Bahan Tambang

Disektor pertambangan prospek investasi di Kabupaten Mukomuko, tersedia cukup luas, saat ini yang sudah diketahui potensinya, antara lain: Pertambangan Batu bara, Galian C, Emas perak dan pasir besi.

5. Potensi Kelautan dan Perikanan

Jumlah produksi perikanan laut sebesar 450 ton dengan nilai Rp 3.384.000.000,- Jika dilihat dari nilai produksi tersebut, maka potensi yang tersedia masih cukup besar. Disamping alat tangkap yang masih sederhana dan terbatas, juga sumber daya manusianya masih berkualitas relatif rendah. Kenyataan ini menunjukan peluang investasi dibidang kelautan di Kabupaten Mukomuko masih tersedia cukup besar. Selain dari pada itu potensi investasi di bidang perikanan darat juga tersedia cukup besar, hal ini dilihat dari wilayah Kabupaten Mukomuko sebagian adalah rawa, yang sangat berpotensi untuk dijadikan lahan tambak, baik tambak ikan maupun tambak udang.

6. Peternakan

Keberhasilah sistem integrasi sapi - kelapa sawit dapat menjadi inspirasi intuk berinvestasi disektor peternakan khususnya sapi. Luas perkebunan sawit yang mencapai 67.500 ha lebih bisa menampung ternak sapi mencapai 270.000 ekor. Topografi yang relatif datar dan sumber makanan yang berlimpah sangat menunjang untuk pengembangan peternakan sapi.

7. Perumahan

Kebutuhan akan perumahan di Kabupaten Mukomuko sangat meningkat tajam setelah Mukomuko menjadi kabupaten. Hal ini dikarenakan pertumbuhan penduduk yang sangat meningkat tajam akibat peluang pekerjaan yang semakin luas. Sewa rumah yang begitu mahal memungkinkan masyarakat memilih perumahan. Sampai saat ini belum ada perusahaan perumahan yang inves di perumahan.

8. Hotel dan Restoran

Investasi di bidang hotel dan restoran serta gedung-gedung pertemuan cukup prospek. Sejak menjadi kabupaten pemekaran pertumbuhan ekonomi, gaya hidup, aktivitas berjalan layaknya sebuah kota dengan kehidupan modern.

9. Pariwisata

Kabupaten Mukomuko memiliki banyak potensi wisata yang perlu pembenahan dan peningkatan. Investasi dibidang ini cukup menjanjikan terutama Agrowisata, wisata buru, wisata laut, wisata sejarah dan wisata hiburan.

-------------------

Penulis adalah putra daerah Mukomuko

Tidak ada komentar: